SOSIOHUMANIKA
Vol 3, No 2 (2010)

Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia

Cahyani, Isah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2016

Abstract

ABSTRAK: Keterampilan menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang sangat kompleks. Banyak orang menemui kesulitan dalam menguasai keterampilan menulis. Makalah ini berusaha menjelaskan model pembelajaran menulis makalah berbasis penelitian yang dapat diimplementasikan dalam MKU BI (Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia). Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan menulis makalah yang dirancang melalui rencana pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa dalam suatu penelitian secara mandiri. Model penelitian ini terdiri dari lima langkah, yaitu mengidentifikasi masalah, menyusun strategi penelitian, mereproduksi, merevisi, dan mempublikasikan makalah. Data penelitian yang digunakan adalah para mahasiswa dalam menulis makalah, yang meliputi data rasional dan data empiris. Hasil penelitian ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis makalah berdasarkan hasil penelitian. Karenanya perlu terus dikembangkan dalam pembelajaran MKU BI serta diharapkan menjadi model alternatif bagi para dosen, khususnya dosen MKU BI, untuk mengembangkan kemampuan profesinya. Namun, perlu diperhatikan bahwa model ini menuntut sikap ilmiah, yaitu rasa igin tahu yang tinggi dari mahasiswa sehingga mampu menuangkan gagasan berdasarkan kegiatan penelitian.Kata-kata kunci: Keterampilan menulis, mata kuliah Bahasa Indonesia, menulis makalah, penelitian kualitatif, dan model pembelajaran alternatif.About the Author: Dr. Isah Cahyani adalah Dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Dr. Setiabudhi No.229 Bandung 40154, Jawa Barat, Indonesia. Untuk kepentingan akademis, beliau boleh dihubungi dengan alamat e-mail: isahcahyani@gmail.comHow to cite this article? Cahyani, Isah. (2010). “Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia” in SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, Vol.3, No.2 [November], pp.75-192. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press, UNIPA Surabaya, and UMS Kota Kinabalu, Malaysia, ISSN 1979-0112. Chronicle of article: Accepted (September 21, 2010); Revised (October 24, 2010); and Published (November 20, 2010).    

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

sosiohumanika

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This journal, with ISSN 1979-0112, was firstly published on May 20, 2008, in the context to commemorate the National Awakening Day in Indonesia. The SOSIOHUMANIKA journal has been organized and published by Minda Masagi Press, a publishing house owned by ASPENSI (the Association of Indonesian ...