Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penalaran siswa siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan akademik di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain faktorial eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Jalaksana di tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 5 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan tes uraian, metode observasi (assesment kinerja kemampuan penalaran, lembar observasi PBL, dan self assesment) dan dokumentasi. Uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik parametrik dalam hal ini untuk uji hipotesis peningkatan menggunakan uji t didapatkan p 0,05 yaitu 0,044 0,05 yang artinya ada peningkatan kemampuan penalaran siswa dan uji two way anava untuk mengetahui penerapan model PBL diantaranya : (1) Ada perbedaan kemampuan penalaran siswa yang menerapkan model PBL dan yang tidak menerapkan model PBL (p 0,05; 0,000 0,05). (2)Tidak ada perbedaan kemampuan penalaran siswa berdasarkan kemampuan akademik (p 0,05; 0,203 0,05).(3) Tidak ada interaksi antara model PBL dan kemampuan akademik dengan penalaran (p 0,05; 0,981 0,05).Kata Kunci : Model PBL, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Akademik
Copyrights © 2017