SOSIOHUMANIKA
Vol 9, No 1 (2016)

Analisis Konten Dimensi Implementasi Kebijakan Publik pada Konten Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi

Nurdin, Encep Syarief (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2016

Abstract

RESUME: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konten variabel implementasi kebijakan publik pada konten kurikulum PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) di Perguruan Tinggi di Indonesia, yang dikaji dari perspektif variabel implementasi kebijakan publik. Metode yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan yang memfokuskan kajian pada gagasan dan konten implementasi kebijakan pada materi PKn di Perguruan Tinggi, dengan mengoleksi dokumen-dokumen berupa peraturan perundang-undangan yang menjadi landasan pengembangan materi PKn di Perguruan Tinggi di Indonesia. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa bahasan tentang konten dimensi implementasi kebijakan publik dilihat dari variabel “komunikasi” dan variabel “sumber daya” secara kualitatif masih sangat rendah. Sedangkan konten “sikap atau disposisi” dan variabel “struktur birokrasi” dinilai sudah cukup luas dan mendalam. Distribusi konten dimensi implementasi kebijakan publik pada materi kuliah PKn di Perguruan Tinggi, sebagaimana tergambar dalam penelitian ini, dipandang kurang menunjang kesiapan para mahasiswa untuk memiliki kesadaran dan kecakapan dalam berpartisipasi pada implementasi kebijakan publik, yang dilandasi oleh nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme. Oleh karena itu, perlu ada kebijakan agar konten dimensi implementasi kebijakan publik dimuat pada materi PKn di Perguruan-perguruan Tinggi di Indonesia.KATA KUNCI: Kebijakan Publik; Pendidikan Kewarganegaraan; Perguruan Tinggi; Warganegara yang Baik; Analisis Isi Kurikulum. ABSTRACT: “Content Analysis of Dimension of Public Policy Implementation at Civics Curriculum Content in Higher Education Institution”. This research aims to describe and analyze the variable content of  public policy implementation on the variables content of curriculum content Civics in higher education institution in Indonesia that were examined from the variables of public policy implementation perspectives. The method used is literature study focuses on ideas and content of policy implementation of Civics materials in higher education, by collecting documents in the form of legislation that underlie the development of Civics materials in higher education institution in Indonesia. The results of the study show that the dimension content of public policy implementation viewed from “communication” and “resources” variables are qualitatively still very low. Meanwhile, the content of “attitude or disposition” and “bureaucratic structure” variables are considered to be quite broad and deep. The content distribution dimension of public policy implementation on Civics course material in higher education institution, as illustrated in this study, seen as less support the readiness of the students to have awareness and proficiency in participating in public policy implementation based on the nationalism and patriotism values. Therefore, there is needed a policy in order the implementation dimensional content for public policy shoud be loaded in the Civics’ material at the higher education institutions in Indonesia.KEY WORD: Public Policy; Civics; Higher Education Institution; Good Citizenship; Content Analysis of Curriculum.About the Author: Dr. Encep Syarief Nurdin adalah Dosen Pendidikan Kewarganegaraan di Departemen Pendidikan Umum FPIPS UPI (Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia); dan Homebase pada Program Studi Pendidikan Umum SPs (Sekolah Pascasarjana) UPI, Jalan Dr. Setiabudhi No.229 Bandung 40154, Jawa Barat, Indonesia. Alamat emel: encep.sn@upi.eduHow to cite this article? Nurdin, Encep Syarief. (2016). “Analisis Konten Dimensi Implementasi Kebijakan Publik pada Konten Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi” in SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, Vol.9(1) May, pp.11-30. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press and UPI Bandung, ISSN 1979-0112. Chronicle of the article: Accepted (February 25, 2016); Revised (March 28, 2016); and Published (May 20, 2016).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sosiohumanika

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This journal, with ISSN 1979-0112, was firstly published on May 20, 2008, in the context to commemorate the National Awakening Day in Indonesia. The SOSIOHUMANIKA journal has been organized and published by Minda Masagi Press, a publishing house owned by ASPENSI (the Association of Indonesian ...