APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2017): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 3 Pule Trenggalek Dengan Strategi Group Investigation

Navianto, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2017

Abstract

Salah satu hasil belajar yang ingin dicapai dalam pembelajaran matematika adalah siswa memahami konsep matematika. Oleh karena itu pembelajaran matematika seharusnya menekankan pada pemahaman konsep. Proses pembelajaran bukan lagi sekedar transfer pengetahuan dari guru ke siswa, tetapi merupakan proses pemerolehan konsep yang berorientasi pada keterlibatan siswa secara aktif dan langsung. Jadi dalam proses pembelajaran yang lebih aktif adalah siswa sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang didapatkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk  mendiskripsikan proses pembelajaran menggunakan  strategi Group Investigation (GI) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mendiskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Tahap-tahap penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa hasil pengamatan aktivitas siswa dan  hasil tes akhir siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Pule Trenggalek Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan aktivitas siswa dari kategori CUKUP pada siklus I  menjadi BAIK pada siklus II. Hasil tes siswa juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I siswa yang tuntas baru mencapai 50% sedang pada siklus II ketuntasan siswa mencapai presentase 85% dengan nilai rata-rata 82.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...