Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP MOTIVASI SISWA PADA MATERI KOLOID

Safitri, Selviana (Unknown)
Kurniawan, Rizmahardian A (Unknown)
Fadhilah, Raudhatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament  berbantuan media teka-teki silang terhadap motivasi belajar siswa pada materi Koloid. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 yang berjumlah 80 siswa menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan komunikasi langsung dan observasi langsung. Alat pengumpul data menggunakan panduan wawancara dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament berpengaruh terhadap motivasi siswa sebesar 96,64%; (2) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan teams game tournament berbantuan media teka-teki silang dan metode ceramah pada materi Koloid; dan (3) Nilai effect size motivasi siswa sebesar 1,83.Kata Kunci:  teams game tournament, motivasi siswa, teka-teki silang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...