Kecerdasan logis matematis siswa belum berfungsi secara maksimal dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika dikarenakan kurang penguasaan pada konsep matematika, serta kurangnya keterampilan dalam berhitung sehingga siswa mengalami penurunan minat dan motivasi untuk belajar matematika. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematika siswa di kelas IVSD Negeri 26 Banda Aceh. Dengan tujuannya untuk mengetahui adakah hubungannya antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis penelitiannya “ada hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 26 Banda Aceh”.Pendekatan  yang di gunakan adalah pendekatan skuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif . Dilaksanakan di SD Negeri 26 Banda Aceh. Populasinya berjumlah 34 orang  siswa dan sampelnya 34 orang siswa, yang terdiri dari 21orang  laki-laki dan 13 orang perempuan. Menggunakan instrumen tes berbentuk soal pilihan ganda dan dokumentasi nilai rapor matematika. Data perolehan dari hasil tes dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan tabel kategori kemampuan siswa. Hipotesis uji menggunakan statistik korelasi Product Moment.Dari Analisis data diperoleh gambaran kecerdasan logis matematis siswa pada kategori baik dengan rata-rata 73,8 dan hasil belajar matematika pada kategori baik dengan rata-rata 75,7. Dari hasil analisis korelasi antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematika, diperoleh nilai korelasi r hitung sebesar 0,626 yang termasuk kategori hubungan kuat dan diperoleh r tabel sebesar 0,339. Dengan demikian, r hitung lebih besar dari r tabel, maka 12H0"  dinyatakan ditolak dan 12Ha" dinyatakan diterima kebenarannya, artinya ada hubungan antara kecerdasan logis matematisdengan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 26 Banda Aceh.            
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018