Penelitian ini mengambarkan bagaimana penerapan kompetensi pedagogik guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 18 Banda Aceh. Tujuannya guna mendeskripsikan penerapan kompetensi pedagogik guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 18 Banda Aceh. Menggunakan Pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitiannya 5 guru, dari kelas IV sampai kelas VI. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumen. Dan kemudian diolah dengan cara reduksi, penyajian, dan verifikasi kesimpulan data. Dari Hasil penelitiannya dikemukakan bahwasanya dari 6 (enam) aspek kompetensi pedagogik guru, kelima orang guru kelas terlihat sudah menerapkan sebagian aspek kompetensi pedagogik dan terdapat dua aspek yang tidak terlihat dan diterapkan oleh guru dalam pembelajaran yaitu aspek mengelola pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Pada aspek mengelola pembelajaran, guru tidak mengatur susunan meja dan kursi secara berkelompok dan pembelajaran di dalam kelas tidak kondusif, pada aspek pelaksanaan pembelajaran, selama mengajar guru tidak menggunakan media sebagai penunjang pembelajaran, guru tidak mampu mengembangkan rasa percaya diri siswa serta guru tidak menggunakan berbagai metode mengajar yang bervariasi. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwasanya penerapan kompetensi pedagogik guru di dalam kelas pada saat melaksanakan pembelajaran sangat diperlukan guna terciptanya lingkungan pembelajaran yang kondusif bagi peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Guru yang menerapkan kompetensi pedagogik pada saat melaksanakan pembelajaran akan mampu mengelola pembelajaran dengan baik dan dapat membangkitkan minat belajar peserta didik. Guru yang sudah terlihat menerapkan kompetensi pedagogik seyogyanya mempertahankan hal tersebut.
Copyrights © 2018