Pendidikan dalam sistem persekolahan selama ini lebih menekankan pada kemampuan akademis dan kurang perhatian pada perkembangan karakter, sehingga karakter seseorang hanya berkembang berdasarkan potensi yang dibawa sejak lahir atau yang dikenal sebagai karakter dasar yang bersifat biologis. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana Kendala Guru Dalam Mengimplementasi Nilai-Nilai Karakter Berlandaskan Budaya Bangsa Dalam Pembelajaran. Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah  untuk mengetahui  Kendala Guru Dalam Mengimplementasi Nilai-Nilai Karakter Berlandaskan  Budaya Bangsa Dalam Pembelajaran.Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Serta yang menjadi subjek dalam  penelitian ini adalah 12 orang guru, yaitu wali kelas di SD Negeri 54 Banda Aceh. Teknikpengumpulan data dilakukan  dengan menggunakan observasi dan wawancara dan dianalisis dengan  tiga tahapan alisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Dari hasil analisis data danpembahasanhasilpenelitian, kendala guru dalam menerapkan nilai-nilai karakter pada pesertadidik yaitu masih adanya rasa malu dalam berteman dan belum sangat akrab, masih sangat kuat sikap premanisme, mereka tidak peduli hal apapun yang menimpa anak lain diluar kelompoknya, anak susah untuk mengikuti peraturan, mudah dalam  melakukan kebohongan serta anak tidak memiliki rasa takut untuk melanggar peraturan walaupun terdapat sanksi dan juga tidak ingin menaati peraturan walaupun diberikan hadiah.Simpulan penelitian ini adalah suatu kendala yang mengakibatkan lambatnya penerapan nilai-nilai karakter dalam proses belajar mengajar terjadi akibat ketidaksenjangan hubungan peserta didik, orang tua pesertadidik dan guru. Kebiasaan yang baik akan menghasilkan suatu pembiasaan yang baik pula. Namun hal tersebut tidak hanya dapat oleh seorang guru namun harus dibantu  oleh factor lingkungan yang baik dari orang tua peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018