Peningkatan keahlian memahami konsep pecahan senilai menuntut peserta didik banyak berlatih mengenai pecahan senilai. Pecahan senilai merupakan materi prasyarat yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum mempelajari materi pecahan lebih lanjut. Pecahan senilai adalah pecahan yang ditulis dengan lambang yang berbeda tetapi mempunyai nilai yang sama.Tentang hal yang merupakan ringkasan kendala dengan pengkaji ini merupakan bagaimana dari keahlian peserta didik mengetahui konsep pecahan senilai melalui media di kelas 4 SDN 22 Banda Aceh. Pengkajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa memahami konsep pecahan senilai melalui media di kelas IV SDN 22 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 22 Banda Aceh dengan subjek penelitian yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Soal tes yang diberikan terdiri dari 15 soal dalam bentuk uraian (essay). Wawancara dilaksanakan dalam bentuk terstruktur dan Tanya jawab bebas. Wawancara terstruktur dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan konsep pecahan senilai dengan menggunakan media model luas dan panjang. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa sebesar 77,50 pada konsep pecahan senilai setelah diajarkan dengan menggunakan media luas daerah dan garis bilangan. Bersandarkan angka rata-rata kelas yang diperoleh, kemudian boleh diketahui bahwa siswa mencapai kualifikasi nilai yang baik, yaitu nilai yang diperoleh peserta didik pada umumnya antara 71-85. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah tercapai dengan baik.
Copyrights © 2018