This study aims to determine and explain the effects of caused by the dependent variable significantly influence between utilitarian and hedonic browsing on e-impulse buying.This research uses explanatory research with quantitative approach. The sample use in the study amounted to 140 respondents, this responden are brawiijaya university students who used Shopee website/application. This research also uses nonprobability method with purposive sampling technique. Data analysis using descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Based on the hypothesis test, the results of t test showed that hedonic browsing have positive and significant influence on e-impulse buying however utilitarian browsing have positive but not significant influence on e-impulse buying. The dominant variable that have influence on e-impulse buying is hedonic browsing. Keywords : Utilitarian Browsing, Hedonic Browsing, E-Impulse Buying АBSTRАK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu pengaruh secara signifikan antara utilitarian dan hedonic browsing terhadap e-impulse buying. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 140 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Brawijaya pengguna website/aplikasi Shopee. Penelitian ini juga menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil uji t menunjukkan bahwa variabel hedonic browsing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel e-impulse buying sedangkan variabel utilitarian browsing berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap variabel e-impulse buying. Variabel yang paling dominan mempengaruhi e-impulse buying yaitu hedonic browsing. Kata Kunci :Utilitarian Browsing, Hedonic Browsing, E-Impulse Buying
Copyrights © 2018