Indonesian Journal of History Education
Vol 4 No 2 (2016): Indonesian Journal of History education

Pemanfaatan Situs Candi Ngempon Sebagai Sumber Belajar Sejarah di MA Darul Ma’arif Pringapus

Farhatin, Duroh (Unknown)
Atmaja, Hamdan Tri (Unknown)
Ahmad, Tsabit Azinar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pemanfaatan situs Candi Ngempon sebagai sumber belajar sejarah di MA Darul Ma’arif Pringapus, mengetahui kendala-kendala yang dialami dalam pemanfaatan situs Candi Ngempon sebagai sumber belajar sejarah dan mengetahui persepsi siswa terhadap pemanfaatan situs Candi Ngempon sebagai sumber belajar sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan adalah siswa MA Darul Ma’arif Pringapus. Teknik pengumpulan data berupa: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan teknik triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Pemanfaatan Situs Candi Nempon memberi nilai positif bagi para siswa. Kendala-kendala yang dialami ketika pemanfaatan situs Candi Ngempon sebagai sumber belajar sejarah terkendala pada waktu, biaya dan tenaga. Persepsi siswa terhadap pemanfaatan situs Candi Ngempon sebagai sumber belajar sejarah yaitu siswa lebih tertarik dengan pembelajaran sejarah ketika guru menggunakan sumber sejarah dibanding dengan pembelajaran sejarah dengan metode ceramah.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ijhe

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan ...