Indonesian Journal of History Education
Vol 5 No 2 (2017): Indonesian Journal of History Education

Pengembangan Bahan Ajar Bentuk Ensiklopedia Sejarah dan Budaya Lokal Dieng pada Materi Pokok Perkembangan Kehidupan Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia di SMA Negeri 1 Karangkobar Kabupaten Banjarnegara

Bhuwana, Girindra Yudha (Unknown)
Jayusman, Jayusman (Unknown)
Muntholib, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2017

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah; (1) Mendeskripsikan kebutuhan dan kondisi bahan ajar pada materi pokok perkembangan kehidupan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Karangkobar, (2) Menghasilkan bahan ajar ensiklopedia sejarah dan budaya lokal Dieng pada pembelajaran sejarah  pada materi pokok perkembangan kehidupan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia di SMA Negeri 1 Karangkobar, (3) Mengetahui penilaian bahan ajar ensiklopedia sejarah dan budaya lokal Dieng pada materi pokok perkembangan kehidupan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia di SMAN 1 Karangkobar. Hasil penelitian ini menunjukan analisis kebutuhan bahan ajar di SMA Negeri 1 Karangkobar memerlukan bahan ajar penunjang yang menarik untuk mengatasi permasalahan, yaitu untuk menarik minat dan mempermudah pemahaman materi. Urgensi Situs Candi Dieng penting bagi peserta didik untuk mengetahui sejarah yang ada dilingkungannya, menarik minat, dan  mempermudah pemahaman materi perkembangan sejarah kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.  Hasil dari pengembangan bahan ajar adalah berupa ensiklopedia sejarah dan budaya lokal Dieng yang telah di validasi oleh ahli materi, media, dan praktisi yang rata-rata menunjukan hasil sangat baik digunakan tanpa revisi. Penilaian kelayakan dari respon guru dan peserta didik menunjukan rata-rata bahan ajar ensiklopedia sejarah dan budaya lokal Dieng sangar baik. Kesimpulannya bahan ajar bentuk ensiklopedia sejarah dan budaya lokal Dieng sangat layak digunakan. Karena menunjang proses pembelajaran sejarah materi perkembangan kehidupan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia di SMA Negeri 1 Karangkobar. Disarankan ensiklopedia menjadi bahan ajar penunjang proses pembelajaran sejarah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ijhe

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan ...