Indonesian Journal of History Education
Vol 5 No 2 (2017): Indonesian Journal of History Education

Kompetensi Profesional Guru Bersertifikasi dalam Membuat Perangkat Pembelajaran Sejarah SMA Negeri Kabupaten Pemalang 2016/2017

Anifah, Rifqi Nurul (Unknown)
Utomo, Cahyo Budi (Unknown)
Romadi, Romadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah guru sejarah di 5 SMA Negeri di Kabupaten Pemalang, di sekolah yang dijadikan lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen. Teknik pengujian yang dipergunakan dalam menentukan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pemahaman guru sejarah tentang profosional guru berseritifikasi daLam membuat perangkat pembelajaran sejarah baik hal tersebut dapat dilihat dari guru sejarah mampu menjelaskan pengertian kompetensi profesional, menguraikan apa makna perangkat pembelajaran, menguraikan bagaimana membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Permendiknas.Keprofesionalan guru bersertifikasi di  5 SMA Negeri Pemalang dilaksanakan dengan cara diintegrasikan ke mata pelajaran sejarah. Saran yang dapat dikemukakan penulis adalah guru-guru sejarah di 5 SMA Negeri di Pemalang, dapat berperan aktif dalam membuat perangkat pembelajaran sejarah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ijhe

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan ...