Komunikasi pada hakikatnya adalah hubungan interaksi antara dua orang atau lebih untuk mencapai sebuah tujuan. Komunikasi terjadi apabila ada hubungan yang baik antara penutur dan mitra tuturnya. Hubungan itu dapat berupa kesamaan bahasa, kesamaan pengetahuan atau kesamaan materi pembicaraan. Oleh karena itu, untuk dapat berkomunikasi dengan efektif, pihak-pihak yang terlibat perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya topik, situasi, dan penggunaan bahasa. Kepentingan bahasa itu hampir mencakup sesuatu bidang kehidupan karena segala sesuatu yang dihayati, dialami, dirasakan, dan dipikirkan seseorang dapat diketahui orang lain jika telah diungkapkan dengan bahasa, baik lisan maupun tulis. Dengan demikian, aktivitas berbahasa berhubungan erat dengan faktor siapa , dengan siapa, di mana, tentang apa, dan untuk apa. Untuk itu, penggunaan bahasa di tempat tertentu, dengan maksud dan tujuan tertentu, corak bahasanya berbeda dengan tempat dan maksud yang berbeda. Hal ini berarti bahwa pragmatik mengkaji hubungan unsur – unsur bahasa yang dikaitkan dengan pemakai bahasa, tidak hanya pada aspek kebahasaan. Pasar merupakan salah satu tempat komunikasi masyarakat secara langsung, Masyarakat berkomunikasi dari berbagai topik tentang jenis hewan dan harganya secara mendalam untuk mendapatkan jenis hewan yang bagus dan sesuai dengan keinginannya.
Copyrights © 2017