Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education
Vol 1 No 1 (2016)

Anti-Violence Education in the Perspective of Hadith

Imroatun, Imroatun (Unknown)
Nadjih, Difla (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2016

Abstract

Tulisan ini bermaksud mengeksplorasi hadis tentang metode pendidikan anak untuk perumusan titik penting dalam penanaman ide anti kekerasan  kepada anak usia dini di Raudahtul Atfal.  Eksplorasi dibatasi dengan matan hadis-hadis yang yang diriwayatkan dalam kutub tis’ah dengan perawi al-Bukhari,  Muslim,  an-Nasa’i,  at-Tirmizi,  Abu Dawud, Ahmad Ibn Hanbal, Ibn Majjah, Malik dan ad-Darimi untuk dianalisis  melalui  content analysis. Didalam hadis metode pendidikan Agama Islam menekankan Interaksi empatik menjadi terasa sebagai sebuah kebutuhan dalam pendidikan anti kekerasan dalam PAUD.  keteladanan itu bisa disengaja untuk berbuat secara sadar ditiru oleh si terdidik (anak). Bentuknya lainnya berupa perilaku sesuai dengan nilai dan norma yang akan ditanamkan pada anak sehingga tanpa sengaja menjadi teladan bagi anak. Semua bisa diadaptasi dalam PAUD di luar keluarga dengan mempertimbangkan factor pemberi, penerima, materi serta konteksnya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Ijiece

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education (IJIECE), Print ISSN: 2541-2434; Online ISSN: 2541-2418 is an international journal published twice a year in June and December by Association of Indonesian Islamic Kindergarten Teachers Education Study Program (Perkumpulan Program Studi ...