MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology
Vol 2, No 1 (2017): JULY

Pengembangan Media Handout Segitiga dengan Model Problem Based Instruction

Qurrotul Uyun (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Iis Holisin (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Febriana Kristanti (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan proses dan hasil handout segitiga dengan model PBI yang valid, praktis dan efektif. Proses penelitian pengembangan media handout ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari: (1) tahap pendefinisian, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan dan (4) tahap penyebaran. Penelitian ini dilakukan pada dua tahap, yaitu tahap uji coba pada kelas VII SMP Budi Sejati Surabaya dan tahap penyebaran pada SMP Muhammadiyah 6 Surabaya tahun ajaran 2015-2016. Hasil penelitian berupa data kuantitatif deskriptif yaitu, (1) handout dinyatakan layak untuk dipakai dengan perolehan nilai dari tiga validator 3,21 yang artinya valid, (2) handout dinyatakan praktis dengan kategori layak digunakan dengan sedikit revisi serta keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh uji coba 3,24 yang artinya sangat baik dan ditahap penyebaran diperoleh 2,29 yang artinya baik,  dan (3) handout dinyatakan efektif dengan respon peserta didik yang positif dan hasil belajar ketuntasan klasikal diperoleh 88,2% Pada tahap penyebaran diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 91,17%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

MUST is a journal of mathematics education, science, and technology published by the Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Surabaya. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on mathematics education, science, and technology. ...