MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology
Vol 3, No 1 (2018): JULY

Analisis Pemahaman Siswa terhadap Strategi Visualisasi, Auditori, Kinestetik

Muhammad Syahrul Kahar (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Muhamad Ruslan Layn (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Suci Ristiya Nurjanah (Universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2018

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran, siswa belum mampu menjabarkan secara langsung materi yang diajarkan oleh guru, baik secara Visual maupun Kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil dari penggunaan strategiĀ  Visualisasi, Auditori, Kinestetik terhadap pemahaman siswa kelas VIII B pada materi fungsi dan (2) untuk mengetahui respon dari siswa terhadap strategi pembelajaran tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Sains Algebra Kota SorongĀ  tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil dari penggunaan strategi pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic terhadap pemahaman siswa kelas VIII B MTs Sains Algebra Kota Sorong pada materi fungsi adalah 70% siswa memperoleh nilai tes di atas KKM, dan 30% siswa memperoleh nilai tes di bawah KKM. (2) Respon siswa terhadap strategi pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic adalah sebagai berikut: (a) Untuk pernyataan positif, 46,3% menyatakan sangat setuju, 42,5% setuju, 9% tidak setuju dan 2,2% sangat tidak setuju. (b) Untuk pernyataan bernilai negatif, 49,1% menyatakan sangat tidak setuju, 36,7% tidak setuju, 11,7% setuju dan 2,5% sangat setuju.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

MUST is a journal of mathematics education, science, and technology published by the Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Surabaya. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on mathematics education, science, and technology. ...