Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
Vol 12, No 1 (2015): APRIL 2015

PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP SEKOLAH EFEKTIF

Sumarno Sumarno (Guru SD Negeri 1 Jagapura Kulon Gegesik, Kabupaten Cirebon)
Endang Herawan (Dosen Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2017

Abstract

Abstrak Upaya pemberdayaan sekolah menjadi hal yang urgen untuk peningkatan mutu pendidikan. Sekolah efektif merupakan solusi untuk menutup disparitas mutu pendidikan kita. sekolah efektif perlu ditopang oleh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan iklim sekolah. Penelitian ini berupaya menguji berapa besar pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap sekolah efektif. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif melalui regresi korelasi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan instruksional kepala sekolah berpengaruh cukup kuat terhadap sekolah efektif, Iklim sekolah berpengaruh cukup kuat terhadap sekolah efektif, sedangkan kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan iklim sekolah secara simultan  berpengaruh kuat terhadap sekolah efektif.AbstractEfforts toempowerschoolsbecomeurgenttoimprove the qualityof education. Effectiveschoolis asolutiontoclose thedisparity inthe quality ofour education. Effectiveschoolsneed tobe supportedbythe principalinstructional leadershipandschoolclimate. This research is to knowhowhigh the influenceof the principal'sinstructional leadershipandschool climatetowardseffectiveschools. This reseach used asurvey methodwitha quantitativeapproachthroughsimplecorrelationandmultipleregression. The results of the research showedthatthe principalinstructional leadershipstrong enoughtoinfluencethe effective schools, schoolclimateinfluenceis strong enoughtoeffectiveschools, whilethe principalinstructional leadershipandschoolclimatesimultaneouslystrong influence oneffectiveschools.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JAPSPs

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the ...