Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
Vol 9, No 1 (2012): APRIL 2012

PENGARUH KINERJA KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PADA SMK SEKABUPATEN PURWAKARTA

Ade Mulyani (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 May 2017

Abstract

Mutu pembelajaran merupakan cerminan prestasi sekolah dalam mempersiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi persaingan global dunia pendidikan. Untuk itu diperlukan suatu kondisi yang mampu membawa perubahan dan pemberian motivasi kepada seluruh personil yang ada di sekolah untuk melakukan upaya ekstra dalam mencapai efektivitas kerja sesuai dengan tujuan pendidikan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran empirik  tentang pengaruh kinerja kepala sekolah dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran pada SMK sekabupaten Purwakarta. Tujuannya untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kinerja kepala sekolah dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran pada SMK  Sekabupaten Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil secara random 123 guru dari populasi sejumlah 226 guru. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMK Purwakarta. Objek penelitiannya adalah guru.Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Pengaruh kinerja kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran termasuk kategori sangat baik (2) Pengauh kinerja guru terhadap mutu pembelajaran termasuk sangat baik (3) Pengaruh kinerja kepala sekolah dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran adalah sangat baik sebesar 47,6% dan sisanya 52,4% ditentukan oleh faktor lain. Rekomendasi: Untuk kepala sekolah pada SMK Sekabupaten Purwakarta; (a) perlu peningkatan/pengembangan kegiatan yang dapat memotivasi pada peningkatan kinerja guru baik yang langsung terkait dengan pembelajaran maupun dengan yang lain yang dapat menunjang pada peningkatan mutu pembelajaran sebagai bagian dari pengembangan profesional guru; (b) perlu menciptakan lingkungan sekolah yang terbuka terhadap  berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat. Quality of learning is a reflection of school achievement in preparing human resources in the face of global competition in education. For that required a condition that is able to bring changes and motivation to all personnel in school to make extra efforts in achieving work effectiveness in accordance with educational goals. The problem in this study is how the empirical picture of the influence of principal performance and teacher performance on the quality of learning in SMK sekabupaten Purwakarta. The purpose is to know and analyze the influence of principal performance and teacher performance on the quality of learning at SMK Sekabupaten Purwakarta. The research method used is explanatory survey method with quantitative approach. The sample was taken by random 123 teachers from a population of 226 teachers. The location of this research was conducted at SMK Purwakarta. The object of the research is the teacher. The result of the research is found that (1) The influence of the principal's performance on the quality of learning is very good category (2) Pengauh teacher performance on the quality of learning is very good (3) The influence of principal performance and teacher performance on the quality of learning is very Both by 47.6% and the remaining 52.4% determined by other factors. Recommendation: For the principal at SMK Sekabupaten Purwakarta; (A) it is necessary to improve / develop activities that can motivate teachers to improve both directly related to learning and others that can support the improvement of the quality of learning as part of teacher professional development; (B) it is necessary to create a school environment that is open to changes in society.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JAPSPs

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the ...