JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN MAHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

Nurhasanah, Ismawati Alidha (Unknown)
Sujana, Atep (Unknown)
Sudin, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2016

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Sindang II,ditemukannya permasalahan yang berhubungan dengan rendahnya hasil belajar siswa. Hal inidiakibatkan oleh penggunaan metode ceramah saja pada saat pembelajaran. Selain itupembelajaran tidak melibatkan siswa untuk menjadi aktif, hal tersebut menyebabkan siswamenjadi kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Dari permasalahan tersebut,maka diterapkanlah metode role playing pada pembelajaran IPA dalam materi hubunganmahluk hidup dengan lingkungannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapanmetode role playing mengantarkan siswa kedalam pembelajaran yang menyenangkan,melibatkan siswa menjadi aktif serta berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini terdiri dari tiga siklusdengan target yang ditentukan yaitu 85%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatanhasil belajar siswa, pada siklus I persentasenya sebesar 26,92%, siklus II 57,69% dan siklus III92,31%. Maka, penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...