Penelitian ini didasarkan pada kemampuan koneksi matematis siswa yang masih rendah. Salah satu alternatif pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis adalah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur peningkatan koneksi matematis dan disposisi matematis siswa sebagai akibat dari pendekatan RME. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel dalam populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Margamukti sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Cibeureum 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan: tes hasil belajar, skala sikap, lembar observasi kinerja guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan RME dan pembelajaran konvensional dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis serta disposisi matematis siswa. Pendekatan RME lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis siswa.Kata Kunci: Pendekatan RME, Kemampuan Koneksi Matematis, Disposisi Matematis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016