Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
Vol 15, No 1 (2018): APRIL 2018

MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU SEKOLAH

Asep Priatna (STKIP Subang)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji ”Manajemen Pengembangan Mutu Sekolah” khususnya dalam mengkaji faktorfaktor kepemimpinan kepala, fasilitas belajar, pendanaan dan partisipasi masyarakat terhadap implementasi rencana stratejik sekolah, dan pengembangan mutu sekolah pada Sekolah Menengah Pertama. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif, dengan metode survey dengan penjelasan yang mendalam (explanatory survey method), responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru yang memperoleh tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah dan pengurus komite sekolah, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 245 orang yang tersebar pada 35 sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Subang, yang memiliki akreditasi A dan B. Penjaringan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis korelasi ganda (multiple correlation analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu sekolah, implementasi rencana stratejik sekolah berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu sekolah, fasilitas belajar berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu sekolah, pendanaan berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu sekolah, partisipasi masyarakat berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu sekolah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JAPSPs

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the ...