Buffer Informatika
Vol 1, No 1 (2015)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DALAM PEMETAAN HASIL HUTAN PRODUKSI DI WILAYAH KABUPATEN KUNINGAN

Lesmana, Iwan (Unknown)
Purnama, Agung Andri Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2017

Abstract

AbstrakPemanfaatan teknologi sistem informasi geografis dan teknologi informasi dapat digunakan untuk menyajikan informasi letak atau lokasi geografis suatu wilayah. Kendala yang dihadapi oleh Dinas Kehutanan untuk menginformasikan hasil hutan kayu kepada masyarakat adalah belum adanya suatu tool / aplikasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi tersebut. SIG merupakan tool untuk menyimpan / mengelola, mengolah / menganalisis, dan menyajikan informasi dalam bentuk visual peta interaktif.  Dalam penelitian ini mengembangkan aplikasi yang memberikan informasi hasil hutan kayu berbasis SIG dengan hanya upload foto geotagging serta Extreme Programing dalam hal pengembangan sistemnya.Kata Kunci: Sistem Informasi Geografi, Extreme Programing, Geotagging AbstractThe use of geographic information system technology and information technology can be used to present location information or geographical location of a region. The obstacle faced by the Forestry Department to inform timber forest products to the community is the absence of a tool / application to facilitate the public to obtain the information. GIS is a tool for storing / managing, processing / analyzing, and presenting information in the form of visual interactive maps. In this study,the developed application that provides timber forest product information is based on GIS with uploadinggeotaggingphotos and Extreme Programing in terms of system development. Keywords: Geographic Information System, Extreme Programing, Geotagging, MySQL

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

buffer

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

BUFFER INFORMATIKA adalah jurnal peer-review tentang Informasi dan Teknologi yang mencakup semua cabang IT dan sub-disiplin ilmu termasuk Algoritma, Jaringan Komputer, Game, Rekayasa Perangkat Lunak, Aplikasi Mobile, Kecerdasan Buatan, Image Processing, Grafik Komputer, Data Maining dan Informasi ...