PEJ (PRIMARY EDUCATION JOURNAL)
Vol. 2 No. 1 (2018)

Iklim Kelas yang Kondusif untuk Membangun Pendidikan Karakter Kemandirian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Telanaipura Kota Jambi

Yusria Yusria (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang penciptaan iklim kelas yang kondusif untuk menanamkan nilai karakter kemandirian siswa di SD IT Nurul Ilmi Telanaipura Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis induktif yaitu analisis yang berawal dari data dan bermuara pada simpulan-simpulan umum. Temuan data penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menanamkan nilai karakter kemandirian melalui penciptaan iklim kelas yang kondusif guru menggunakan cara-cara sebagai berikut: 1) penugasan kepada siswa lebih banyak diarahkan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan secara individu maupun kelompok, 2) membuat kontrak belajar dan aturan kelas, dan 3) mengembangkan kemandirian siswa melalui pengembangan kreativitas di kelas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PEJ (Primary Education Jurnal): Jurnal Program Studi PGMI berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman ...