Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)
Vol 1, No 1 (2015)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PAKEM DENGAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN FISIKA DASAR POKOK BAHASAN MEKANIKA

Lumbu, Albert (Unknown)
Budiarti, Indah Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang hasil belajar mahasiswa semester I angkatan 2013 program studi pendidikan fisika pada pembelajaran fisika dasar pokok bahasan mekanika masih sangat rendah. Hal ini ditunjukkan sekitar 26,09% mahasiswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan, yaitu nilai 60. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui Pembelajaran PAKEM dengan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran serta hasil belajar mahasiswa pada materi mekanika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada mahasiswa semester I angkatan 2013 program studi pendidikan fisika dengan jumlah mahasiswa 23 orang. Penelitian dilakukan selama 4 bulan yaitu dari bulan Agustus sampai dengan November 2013. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan angket untuk analisis data kualitatif, serta tes penilaian kognitif mahasiswa sebagai analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I berdasarkan persentase 47,83% mahasiswa tuntas belajar, 52,17% mahasiswa tidak tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 82,61% mahasiswa tuntas belajar, dan 17,39% mahasiswa tidak tuntas belajar. Hasil observasi aktivitas mahasiswa  pada siklus I diperoleh berdasarkan persentase 31,25% mahasiswa kategori  kurang aktif, 43,18% mahasiswa kategori cukup aktif, dan 25,57% mahasiswa kategori aktif. Pada siklus II aktivitas mahasiswa meningkat menjadi 14,21% mahasiswa kategori kurang aktif, 40,34% mahasiswa kategori cukup aktif, dan 45,08% mahasiswa kategori aktif. Hasil penelitian ini menunjukkan melalui Pembelajaran PAKEM dengan metode diskusi terbukti dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi mekanika. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPFK

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) with registered number ISSN 2442-8868 (printed), ISSN 2442-904X(online) is scientific journals which publish articles from the fields of physics and physics education. JPFK will publish in two times issues Volume 1, Numbered: 1-2 are scheduled for ...