Educatio
Vol 9, No 1 (2014)

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL SISWA

Yunitasari, Dukha ( Program Studi PGSD STKIP Hamzanwadi Selong)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2014

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  pengaruh  pendekatan  pembelajaran kontekstual  berbasis  lingkungan  pondok  pesantren   terhadap  prestasi  belajar  PKn ditinjau  dari  sikap  sosial  siswa  kelas  VIII  di  MTs  Mualimat  NW  Pancor,  Selong NTB. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan  post only control  group  design.  Sampel  penelitian  ditentukan  dengan  menggunakan  random sampling  sehingga didapat 146 siswa sebagai sampel.  Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar PKn dan kuesioner sikap sosial. Keseluruhan data penelitian dan hipotesis diuji dengan menggunakan analisis  varians (ANAVA) dua  jalur.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  (1)  pendekatan  pembelajaran kontekstual  berbasis  lingkungan  pondok  pesantren  dan  sikap  sosial  memiliki pengaruh  yang  signifikan  terhadap  prestasi  belajar  PKn  siswa  kelas  VIII  MTs. Mu’allimat  NW  Pancor.  (2)  terdapat  pengaruh  interaksi  antara  pendekatan pembelajaran  kontekstual  berbasis  lingkungan  pondok  pesantren  dan  sikap  sosial terhadap prestasi belajar PKn siswa. (3) Prestasi belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran  dengan  pendekatan  pembelajaran  kontekstual  berbasis  lingkungan pondok pesantren lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional pada siswa yang memikiki sikap sosial tinggi. (4)  Prestasi belajar  PKn  siswa  yang  mengikuti  pembelajaran  dengan  pendekatan  konvensional lebih  tinggi  daripada  siswa  yang  mengikuti  pembelajaran  dengan  pendekatan pembelajaran  kontekstual  berbasis  lingkungan  pondok  pesantren  pada  siswa  yang memiliki sikap sosial rendah.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education

Description

Educatio, ISSN: 1908-3224 (printed) and 2527-9998 (online), is an open access peer reviewed research journal that is published by the Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi. Educatio is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners ...