Empowerment
Vol 3, No 1 (2014): Volume 3, No 1, Februari 2014

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAUD MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU DI PAUD BOUGENVILLE KECAMATAN SUKAJADI KOTA BANDUNG

Iman Rochyadi (STKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2014

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah guru PAUD Bougenville kurang memilki kompetensi, Tujuan Penelitian ini adalah : untuk mengungkap data tentang Upaya perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan tentang upaya meningkatkan kompetensi guru PAUD.Landasan teori dalam penelitian ini, peneliti merujuk kepada beberapa konsep yaitu :Kompetensi guru PAUD, Pendidikan dan Pelatihan sebagai Upaya meningkatkan Kompetensi guru PAUD, Model – Model upaya dalam meningkatkan kompetensi guru,.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metoda studi kasus., teknik pengunpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah bahwa  perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah PAUD Bougenville di bagi menjadi tiga tahapan yaitu perencanaan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek, pelaksanaanya yitu menikut sertakan para guru dalam program pendidikan dan pelatihan sedangkan pengembangan adalah menyediakan fasilitas penunjang.Kesimpulan dari penelitian ini  bahwa pendidikan dan pelatihan guru merupakan salah satu alternative dalam meningkatkan komptensi, rekomendasi bahwa yang menjadi masalah yaitu guru kurang memilki kompetensi solusinya adalah pendidikan dan pelatihan guru.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

empowerment

Publisher

Subject

Education

Description

Empowerment Journal publishes original research or theoretical papers about : 1. non formal education 2. community education 3. community development 4. training and course 5. informal education 6. social communication to support community learning ...