Empowerment
Vol 1, No 2 (2012): Volume 1, No 2, September 2012

PERAN PENDIDIKAN BACA TULIS AL-QURAN SEBAGAI MUATAN LOKAL DALAM UPAYA MEMBENTUK KARAKTER KEPRIBADIAN SISWASTUDI DI SMP TRI BHAKTI NAGREG

Yumira, Ira (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2012

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang rendahnya karakter kepribadian siswa di SMP Tri Bhakti Nagreg desa Ciherang Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian adalah : 1.  Untuk mengungkapkan data tentang pelaksanaan pendidikan baca tulis Al-Quran yang diselenggarakan di SMP Tri Bhakti Nagreg.  2.  Untuk mengungkapkan data tentang persepsi siswa terhadap kegiatan pendidikan baca tulis Al-Quran di SMP Tri Bhakti Nagreg.Landasan teori dan konsep antara lain : konsep dan teori karakter, kegiatan pendidikan baca tulis Al-Quran merupakan satuan pendidikan luar sekolah, konsep pendidikan luar sekolah, dan konsep ekstrakurikuler.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, objek penelitian 25 orang. Hasil penelitian dan temuan, Alasan responden mengikuti pendidikan baca tulis Al-Quran menyatakan keinginan, karena kebutuhan rohaniah dengan tujuan memberikan penerangan tentang agama, bagi kehidupan. Waktu pelaksanaan seminggu sekali, Materi yang disampaikan membaca dan menulis Al-Quran, membahas isi yang terkandung dalam Al-Quran, Qiroat, Kaligrafi, materi tersebut sesuai dengan kebutuhan, yang menjadi faktor pendorong mengikuti pendidikan baca tulis Al-Quran karena dukungan dari orang tua dan merasa butuh dengan materi pendidikan, hambatan antara lain sarana yang belum memadai juga pengaruh buruk lingkungan yang dapat menggoyahkan niat siswa, untuk memecahkan masalah tersebut perlu diadakan lagi koordinasi dengan pihak sekolah.Kesimpulan, dari hasil penelitian ini terungkap bahwa peran pendidikan baca tulis Al-Quran sangat penting dalam membentuk karakter kepribadian siswa oleh karena itu pihak sekolah menerapkan pendidikan tersebut, Dampak yang diperoleh, siswa mempunyai karakter kepribadian dan makin semangat dalam mengikuti pendidikan baca tulis Al-Quran. 

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

empowerment

Publisher

Subject

Education

Description

Empowerment Journal publishes original research or theoretical papers about : 1. non formal education 2. community education 3. community development 4. training and course 5. informal education 6. social communication to support community learning ...