EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 2, No 1 (2017): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

MENINGKATKAN BASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP DASAR DINAMIKA GERAK LURUS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA DI KELAS X-A SMA NEGERI 2 PLUS SIPIROK TAPANULI SELATAN

Elisa Elisa (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
23 May 2018

Abstract

Penggunaan alat peraga sederhana pada proses pembelajaran konsep dasar dinamika gerak lurus dilatar belakangi oleh sebagian besar siswa kelas X-A SMA Negeri 2 Plus Sipirok merasa kesulitan  menguasai  konsep  dasar dinamika gerak lurus. Hal ini ditunjukan dari hasil tes awal, sekitar 82,5% siswa be/um mencapai batas nilai ketuntasan be/ajar yaitu nilai 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil be/ajar serta menciptakan proses pembelajaran yang  menarik dan menyenangkan  bagi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMA Negeri 2 Plus Sipirok pada semester ganjil tahun pelajaran 201612017 yang  berjumlah 40 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengamatan, angket, dan wawancara untuk analisis data kualitatif dan penelitian ulangan harian untuk analisis data kuantitatif  Dari hasil analisis data nilai ulangan harian siswa pada siklus I diperoleh siswa yang belum tuntas be/ajar pada konsep dasar dinamika gerak lurus berjumlah 10 siswa atau 25% sedangkan siswa yang telah mencapai ketuntasan be/ajar yaitu memperoleh nilai 2': 75 sebanyak 30 siswa atau 75%. Nilai rata-rata kelas sebesar 67,100. Dari analisis data nilai ulangan harian siswa pada siklus II diperoleh seluruhnya atau 100% siswa telah tuntas be/ajar pada konsep dasar dinamika gerak lurus dengan nilai rata-rata 79,375. Dari analisis data hasil pengamatan di peroleh rata-rata skor pada siklus I sebesar 3,404 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,629. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan a/at peraga sederhana dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam  proses  pembelajaran.  Dari  hasil angket menggambarkan bahwa dari 40 siswa sebanyak 84,375% menyatakan sangat setuju, sangat menarik, mudah, menyenangkan, dan sangat setuju untuk dilanjutkan, adapun sebanyak 15,625% siswa menyatakan setuju. Dengan demikian penggunaan a/at peraga sederhana dalam  proses  pembelajaran konsep dinamika gerak lurus mendapat tanggapan atau respon sangat positif dari siswa. Dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa penggunaan a/at peraga sederhana pada proses pembelajaran konsep  dasar  dinamika  gerak lurus lebih menyenangkan, menarik, lebih mudah dipahami, dan dimengerti, selain itujuga  menimbulkan sikap antusias dan lebih rileksKata-Kata Kunci     :Dinamika Gerak Lurug, Alat Peraga Sederhana

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...