Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis penyebab kesulitan belajar matematika nak usia 5-6 tahun di TK IT Nurul FikriĀ Padangsidimpuan. Penelitian yang akan dilakukan ini mengambil desain penelitian kualitatif deskriptif yang mempunyai hasil berupa deskripsi kata-kata dari hasil analisis data dengan data reduction, display, data analysis, dan conclution. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 20 siswa . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mempunyai kemampuan menghitung benda kongkrit ada 17 orang, sedangkan yang belum tuntas menghitung benda kongkrit ada 3 orang. siswa yang mempunyai kemampuan menghitung angka abstrak ada 12 orang, sedangkan yang belum tuntas menghitung angka abstrak ada 8 orang. siswa yang mempunyai kemampuan menulis angka dalam bentuk simbol dengan baik ada 11 orang, sedangkan yang belum tuntas menulisangka dalam bentuk simbol dengan baik ada 9 orang. ketidakmampuan siswa dalam menuliskan angka dalam bentuk simbol sejalan dengan ketidakmampuan siswa dalam menghitung secara abstrak karena sama-sama berhubungan dengan simbol yang abstrak. Sesuai dengan tahap perkembangannya, anak dengan usia 5-6 tahun berada pada tahap perkembangan kognitif sensori motorik yang semua kemampuanberpikirnya dikaitkan dengan benda nyata, bukan simbol. Kata kunci: Kesulitan belajar matematika, Menghitung benda kongkrit
Copyrights © 2016