Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tutor sebaya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Al-Azhar Bi'ibadillah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu yaitu mengujicobakan pembelajaran kooperatif tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Azhar Bi 'ibadillah yang berjumlah 32 siswa. Sampel penelitian diambil secara total sampling sehingga dalam penelitian ini jumlah sampel penelitian sebayak 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya di Kelas VIII MTs Al-Azhar Bi'ibadillah bejalan dengan baik selama proses pembelajaran yang dilakukan. Hal ini dapat dilihat bahwa rata-rata dari analisis data hasil onservasi memiliki nilai rata-rata 3,02 yang masuk dalam kategori baik; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika di Kelas VIII MTs Al-Azhar Bi'ibadillah pada pretes memiliki nilai rata-rata 69,81 sehingga masuk pada kategori "Cukup" sedangkan pada postest memiliki nilai rata-rata 82,56 yang berada pada kategori "Sangat baik"; (3) Hasil perhitungan diperoleh thitung = 6,59. Bila dibandingkan dengan ttabel pada tingkat kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat bebas (db) = N - 2 = 32 - 2 = 30 diperoleh ttabel 1,70. Apabila harga thitung = 6,59 dibandingkan dengan t1abe1= 1,70 maka dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari tiabe/, (6,59 > 1,70). Hal ini berarti bahwa hipotesis yang ditegakkan diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya, Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tutor sebaya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIMTs Al-Azhar Bi 'ibadillah. Kata Kunci: Pemecahan masalah matematika, Pembelajaran kooperatif tutor sebaya.
Copyrights © 2017