Latar belakang masalah diperoleh dari hasil mata pelajaran IPA sangat sulit bagi siswa dan menyebabkan hasil belajar siswa kurang baik. hasil belajar IPA kelas 5 SD Negeri 1 Ngrandusehingga berimplikasi pada rendahnya hasil belajar IPA. Penleiti ini bertujuan untuk mengingkatkan hasil belajar melalui model Make a Match pada siswa kelas 5 SD Negeri 1 Ngrandu kota Grobogan.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dari 67,8% pada kondisi awal menjadi 76% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 80% pada siklus II.Jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 7 siswa atau 43,7% pada kondisi awal menjadi 10 siswa atau 62,5% pada siklus I dan meningkat menjadi 15 siswa atau 93,75% siswa tuntas pada siklus II. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngrandu Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017