Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji ada tidaknya perbedaan yang signifikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa SMA Kristen Satya Wacana Kota Salatiga. Desain penelitian yang digunakan adalah “Quasi Experiment Design”. Populasi adalah seluruh siswa Kelas XII yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian adalah kelas XII IPA 3 sebagai kelas eksperimen, kelas XII IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data meliputi penilaian aspek pengetahuan dengan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan penilaian aspek sikap dengan penilaian diri. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan Uji-T dengan bantuan SPSS 21.00. Hasil penelitian disimpulkan tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek pengetahuan dan aspek sikap siswa kelas XII SMA Kristen Satya Wacana Kota Salatiga. Peneliti memberikan saran kepada kepala sekolah dalam kegiatan supervisi internal terhadap guru-guru untuk menggunakan metode STAD dan NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2018