Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh persepsi siswa terhadap kompetensi guru mengajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA siswa (Studi pada SMP Se-Kecamatan Periuk Kota Tangerang Banten). Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling yaitu peneliti mencampurkan subjek-subjek didalam populasi sehingga semua subjek dianggap sama. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas, yaitu persepsi siswa terhadap kompetensi guru mengajar dan motivasi belajar serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk variabel bebas dan dokumen akhir untuk variabel terikat. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi sederhana serta korelasi dan regresi ganda. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistic deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas dan uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukan bahwa : terdapat pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru mengajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,929 dan koefisien determinasi 0,864 atau 86,4 % persepsi siswa terhadap kompetensi guru mengajar dan motivasi belajar secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar IPA. Persamaan regresi yang dihasilkan Y= 24,094 + 0,357X1 + 0,356X2 hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi persepsi siswa terhadap kompetensi guru mengajar maka semakin tinggi pula hasil belajarnya dan semakin tinggi motivasi belajar maka akan semakin tinggi pula hasil belajar IPA-nya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2011