Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 12, No 1 (2015)

KECENDERUNGAN MAHASISWA DALAM PEMILIHAN STRATEGI PENGAJARAN BERBICARA DI KELAS PENGAJARAN MIKRO

Dodi Siraj Muamar Zain (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini ditujukan  untuk mencari tahu kecenderungan  mahasiswa dalam pemilihan strategi pengajaran dalam rangka pengembangan keterampilan  berbicara  di  kelas pengajaran  mikro.  Data  diperoleh  dari hasil angket dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa baik dari semester 6 maupun diatasnya yang sedang menempuh mata kuliah pengajaran mikro. Dari data yang diperoleh, diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa telah menerapkan praktik pembelajaran siswa mandiri. Hal ini terlihat dari kecenderungan untuk menggunakan media ajar elektronik baik berupa gambar maupun video, penggunaan instruksi sederhana, teknik konfirmasi pertanyaan, media ajar yang otentik, pengajaran bahasa inggris baik formal dan informal, diskusi kelompok, model evaluasi, serta penguatan untuk mendorong motivasi siswa dalam berbicara. Disamping itu, diketahui bahwa  penerapan  pendekatan  saintifik  menjadi  salah  satu  ciri  utama dalam penyusunan rangkaian kegiatan pengajaran bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi pertimbangan untuk pengembangan model perkuliahan yang telah dilakukan dan membuka wawasan terhadap perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan saat ini. Kata kunci    : strategi, pengajaran, berbicaraThis research is aimed at finding out the students?? tendency in applying teaching strategies to improve students?? speaking skill in micro teaching class. The data was collected through questionnaire and document in the form of lesson plan. The population covers all sixth semester stduents taking microteaching class. From the collected data, it was found out that most stduents applied student centred learning. It was indicated by the use of electronic teaching media, simple instruction, questioning teachnique,   authentic   teaching   material,   formal,   informal   englisgh teaching, group discussion, evaluation model, and teaching reinforcement to encourage students to speak. Besides, it was also figured out that most students applied scientific method in constructing their teaching models. The result of this research is expected to be a consideration for improving the current teaching model and provide a new notion about the development in the education field.  Keywords     : strategy, teaching, speaking

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPIT

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as ...