Abstrak
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi dan mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin serta memajukan daya pikir manusia. Oleh karena itu pengajaran matematika menjadi salah satu hal yang pokok dalam menanamkan nilai-nilai dasar ilmu pengetahuan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika khususnya pada materi bentuk akar dan pangkat pecahan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan penilaian. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa adalah 37,9% tidak tuntas, dan 62,1% tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa adalah 82,8% tuntas, dan 17,2% tidak tuntas. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus ke II dibandingkan siklus I dan pra siklus. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi statistik siswa kelas XI IS. Pada SMA Negeri 5 Banda Aceh
Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014