JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 15, No 2 (2014): Jurnal Serambi Ilmu

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA METERI STATISTIK

Bukhari, Bukhari (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2018

Abstract

Abstrak Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi dan mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin serta memajukan daya pikir manusia. Oleh karena itu pengajaran matematika menjadi salah satu hal yang pokok dalam menanamkan nilai-nilai dasar ilmu pengetahuan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika khususnya pada materi bentuk akar dan pangkat pecahan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan penilaian. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa adalah 37,9% tidak tuntas, dan 62,1% tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa adalah 82,8% tuntas, dan 17,2% tidak tuntas. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus ke II dibandingkan siklus I dan pra siklus. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi statistik siswa kelas XI IS. Pada SMA Negeri 5 Banda Aceh Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...