Model pembelajaran kooperatif  contextual teaching learning (CTL), dapat digunakan sebagai upaya menumbuh kembangkan pola pikir kritis dan melahirkan kemampuan implementasi dari konsep ilmu yang diperoleh peserta didik, memupuk kerjasama antar peserta didik dalam kelompoknya. Judul penelitian:  Penerapan Model Pembelajaran CTL Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IS.1 di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Rumusan masalah: 1) Apakah penerapan model pembelajaran CTL  dapat meningkatkan hasil belajar siswa?; 2. Bagaimanakah respon siswa dalam pembelajaran CTL?. Tujuan penelitian untuk mengetahui : 1)  peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif CTL; 2) respon siswa dalam pembelajaran  CTL. Jenis penelitian: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari  2 siklus yang dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI IS.1 berjumlah 20 siswa. Tehnik Pengumpulan data menggunakan tes pada akhir siklus. Teknik pengolahan data  menggunakan rumus persentase.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan etuntasan belajar siswa pada setiap siklus, yaitu siklus I (72,7%,), siklus  II (90%), Respon siswa sangat senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran CTL. Dapat disarankan bahwa model pembelajaran CTL dapat digunakan pada kompetensi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016