Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018

Pembelajaran Osborn Dengan Teknik Brainstorming Berbantuan Aplikasi Matlab Materi Akar Persamaan Tak Linear

Harfin Lanya (Universitas Madura)
Septi Dariyatul Aini (Universitas Madura)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2018

Abstract

Rendahnya hasil belajar mahasiswa pada matakuliah metode numerik, khususnya pada materi akar persamaan tak linear menjadi alasan peneliti untuk mengembangkan model pembelajaran Osborn dengan teknik Brainstorming berbantuan aplikasi matlab Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Oleh karena itu, penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 yang mengikuti matakuliah metode numerik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal kuis. Observasi dilakukan oleh seorang observer terhadap mahasiswa dan dosen selama proses pembelajaran. Sedangkan soal kuis yaitu soal urain diberikan pada pertemuan terakhir untuk mengukur kemampuan mahasiswa setelah proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pembelajaran Mingguan (RPM), Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), dan soal kuis dengan kriteria valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...