Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018

Penerapan Group Investigation untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang di MI GUPPI Ringinanom Udanawu

Fathul Niam (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan penerapan group investigation yang dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI pada materi bangun ruang. Menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian yang dilaksanakan di MI GUPPI Ringinanom Udanawu Blitar ini diikuti oleh 30 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Hasil dari dua siklus pembelajaran menunjukkan bahwa tindak pembelajaran dengan group investigation yang mampu meningkatkan pemahaman matematika siswa adalah: (1) guru selalu mengadakan tanya jawab tentang materi prasyarat yang dimiliki siswa sampai pemahaman mereka tentang materi prasyarat dipandang memadai untuk melakukan investigasi, (2) guru harus selalu berkeliling ke setiap kelompok dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami masalah secara individual, (3) guru menata posisi tempat duduk siswa dalam setiap pertemuan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...