Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol 5 No 1 (2016): Januari

HUBUNGAN ANTARA IKLIM ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SMA NEGERI 60 JAKARTA SELATAN

Hotmaulina Sihotang (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2017

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim organisasi dan motivasi kerja dengan kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Negeri 51 Jakarta Timur dan SMA Negeri 60 Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi sebanyak 54 guru. Data diperoleh melalui instrumen. Validitas butir instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas menggunakan Uji Liliefors dan uji linieritas dengan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan korelasi linear sederhana dan ganda. Hasil penelitian: Pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim organisasi (X1) dengan kinerja guru (Y). diperoleh koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,574 dan persamaan regresi Ŷ = 37,588 + 0,579X1. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja (X2) dengan kinerja guru (Y) diperoleh koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,478 berarti korelasi dan cukup kuat dan persamaan regresi Ŷ = 56,599 + 0,395X2. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim organisasi (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama-sama dengan kinerja guru (Y) diperoleh koefisien korelasi ganda (ry12) sebesar 0,620 korelasi positif dan kuat dan persamaan regresi Ŷ = 30,625 + 0,451X1 + 0,220X2. Kata kunci : Iklim organisasi, motivasi kerja dan kinerja guru.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The Journal of Education Management publishes scientific papers in the form of conceptual ideas, studies and application of theories as well as research results in education and teaching at the elementary, junior/senior high, and university/college levels. Journal of Educational Management aims to ...