Komunikasi persuasif salah satu metode dalam pemberian MP-ASI yang mempunyai peranan yangpenting dalam memberikan pengetahuan kepada ibu tentang MP-ASI, sehingga nantinya ibu dapatmengetahui dan bersikap untuk pemberian MP-ASI pada bayi yang berumur lebih dari 6 bulan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi persuasif bidan terhadappengetahuan dan sikap ibu tentang pemberian MP-ASI di Desa Pasar Maga Kecamatan LembahSorik Merapi Kabupaten Mandailing Natal 2016. Jenis penelitian adalah observasional denganmenggunakan metode pendekatan waktu crossectional. Dengan jumlah sampel sebanyak 51orang. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square pada alpha 5%. Hasil penelitianmenunjukkan ada hubungan yang signifikan antara komunikasi persuasif terhadap pengetahuanibu tentang pemberian MP-ASI dengan nilai p=0,000 dan ada hubungan yang signifikan antarakomunikasi persuasif terhadap sikap ibu tentang pemberian MP-ASI dengan nilaip=0,003.Diharapkan kepada tenaga kesehatan pasar Maga untuk meningkatkan pembinaan peranserta masyarakat di bidang kesehatan bayi khusunya memberikan komunikasi persuasif tentangkebutuhan zat gizi utama dalam pemberian MP-ASI agar masyarakat mengetahui komponen jenispemberian MP ASI pada bayi usia 6-24 bulan, dan komunikasi persuasif ini juga merupakan upayadalam meningkatkan kesehatan pelayanan preventif.
Copyrights © 2016