Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh teori belajar ausubel padapendidikan matematika, mengetahui tingkat daya serap siswa terhadap pendidikan matematika danmengetahui pengaruh teori belajar ausubel dengan tingkat daya serap siswa pada pokok bahasanpecahan. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SD Negeri 1 Sigli TahunPelajaran 2014/2015 yang terdiri dari beberapa kelas, sedangkan yang menjadi sampel padapenelitian ini adalah siswa kelas IV-A yang dijadikan sebagai kelompok kelas eksperimen (TeoriAusubel)yang terdiri dari 30 orang murid dan kelas IV-B dijadikan sebagai kelompok kelaskelompok kontrol (Teori Pembelajaran Konvensional)yang terdiri dari 28 orang murid. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil ujian siswa yang menggunakan teori belajarAusubel adalah sebesar 74,70. Nilai rata-rata kemampuan siswa yang menggunakan teori belajarkonvensional adalah sebesar 69,43. Daya serap siswa dengan penerapan teori belajar Ausubellebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Teori belajar ausubel mempunyaipengaruh yang signifikan terhadap daya serap siswa pada pembelajaran Pecahan di SD Negeri 1Sigli Tahun Pelajaran 2014/2015.
Copyrights © 2016