Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui metode bermain peran pada anak kelompok B TK Wulele Sanggula II Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak pada kelompok B TK Wulele Sanggula II Kendari yang berjumlah 16 orang anak. Hasil evaluasi belajar anak menunjukkan adanya peningkatan sebelum tindakan dari 16 orang anak yang diamati diperoleh persentase ketercapaian sebesar 37,5%. Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu diperoleh persentase ketercapaian sebesar 68,75 dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu diperoleh persentase ketercapaian sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran. Kata kunci: Pembelajaran, Keterampilan Sosial, Bermain Peran.
Copyrights © 2018