Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 10 KENDARI PADA MATERI POKOK LITOSFER

Wa Ode Wahyu, Wa Ode wahyu (Unknown)
La Ode Nursalam, La Ode Nursalam (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan gambaran aktivitas mengajarguru geografi, aktivitas belajar geografi siswa, hasil belajar geografi siswa kelas X-3SMA Negeri 10 Kendari pada materi pokok Litosfer melalui penerapan model kooperatiftipe Make A Macth. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang telahdilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaaan tindakan,observasi dan evaluasi, refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X-3 SMANegeri 10 Kendari semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 23.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskritif. Berdasarkan hasilhasil analisis data Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Make A Match diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran menunjukanbahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Make A Match padasetiap siklus cenderung meningkat. 2) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklusI ke siklus II. 3) Hasil belajar Geografi siswa kelas X-3 SMAN 10 Kendari dapatditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Matchpada materi Litosfer.Kata Kunci : Model Pembelajaran Make A Match, Siswa, Guru, Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...