Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan gambaran aktivitas mengajarguru geografi, aktivitas belajar geografi siswa, hasil belajar geografi siswa kelas X-3SMA Negeri 10 Kendari pada materi pokok Litosfer melalui penerapan model kooperatiftipe Make A Macth. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang telahdilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaaan tindakan,observasi dan evaluasi, refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X-3 SMANegeri 10 Kendari semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 23.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskritif. Berdasarkan hasilhasil analisis data Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Make A Match diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran menunjukanbahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Make A Match padasetiap siklus cenderung meningkat. 2) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklusI ke siklus II. 3) Hasil belajar Geografi siswa kelas X-3 SMAN 10 Kendari dapatditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Matchpada materi Litosfer.Kata Kunci : Model Pembelajaran Make A Match, Siswa, Guru, Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016