Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2016)

PENERAPAN METODE BIMBINGAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MATERI POKOK MENGANALISIS ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DIMUKA BUMI PADA SISWA KELAS XB SMA NEGERI 7 KENDARI

Mariana, Mariana (Unknown)
La Ode Amaluddin, La Ode Amaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktivitasmengajar guru, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi Kelas XB SMAN 7Kendari dengan menerapkan Metode Bimbingan Kerja Kelompok pada materimenganalisis Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Dimuka Bumi. Jenispenelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus dengantahapan: perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XB SMAN 7 Kendari pada tahun pelajaran2015/2016 dengan jumlah siswa 24. Teknik analisis data penelitian ini menggunakananalisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil-hasil analisis data penerapan metodepembelajaran bimbingan kerja kelompok diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Aktivitassiswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, siklus I sebesar 2,35 (cukup) dansiklus menjadi 3,29 (baik); 2) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II, siklus I sebesar 2,79 (cukup) dan siklus II Menjadi 3,38 (baik); 3) Hasil belajarGeografi siswa kelas XB SMAN 7 Kendari meningkat setelah menerapkan metodepembelajaran bimbingan kerja kelompok pada materi pokok atmosfer dan dampaknyaterhadap kehidupan dimuka bumi. Dimana pada siklus I persentase siswa yang tuntas33,33 % mencapai nilai KKM 75 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi87,5%.Kata Kunci : Metode Bimbingan Kerja Kelompok, Proses, Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...