Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 1, No 1 (2016): JUli 2016

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 10 KENDARI

Muslimin, Muslimin (Unknown)
Ramli, Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

px; "> <Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui signifikansi perbedaan nilai rata-ratapre-test siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. 2) Mengetahui nilai rata-rata post-testkelas eksperimen lebih baik secara signifikansi dari pada nilai rata-rata post-test kelas kontrol.3) Mengetahui nilai rata-rata gain kelas eksperimen lebih baik secara signifikansi dari padanilai rata-rata gain kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMANegeri 10 Kendari tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 120.Analisis data dalam penelian ini melalui analisis dekskriptif dan inferensial. Dari hasil analisisdekskriptif pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai maksimal 34 dan nilai minimal 10sedangkan pre-test kelas kontrol diperoleh nilai maksimum 30 dan nilai minimum 10. post-testkelas eksperimen diperoleh nilai maksimum 90 nilai minimum 60, rata-rata nilai 77.68sedangkan post-test kelas kontrol diperoleh nilai maksimum 85, nilai minimum 60; rata-ratanilai 73. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa kelas X4 menggunakan mediapembelajaran berbasis animasi power point kategori tinggi sedangkan hasil belajar siswa kelasX5 menggunakan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 73 dengan Normalitas-Gainsebesar 0.67 berada pada kategori sedang. Berdasarkan analisis statistik inferensial Ujinormalitas pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa pretest dan posttest kedua kelompoksampel peneltian yang homogen karena memenuhi  2 hitung   2tabelKata Kunci : Pembelajaran, Media Animasi, Power Point, Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...