Penelitian Pendidikan Geografi
2016: Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 1 No. 1 November 2016

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI POKOK SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 KENDARI

La Ode Nursalam, Rahma Musyawarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui signifikansi perbedaan antara nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen dan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol, 2) Mengetahui nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan nilai rata-rata post-test kelas kontrol, 3) Mengetahui nilai rata-rata gain siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan nilai rata-rata gain siswa kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 10 Kendari yang terdiri dari lima kelas paralel. Teknik penentuan sampel adalah random sampling,diperoleh kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan media video dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan media power point. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar Geografi dalam bentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test siswa kelas X2=79,67 dengan n-gain=0,72 sedangkan kelas X4=75,05dengan n-gain= 0,63. Berdasarkan analisis uji t, diperoleh tHitung=2,07>tTabel=2,00 pada taraf signifikan 95% (α=0,05), hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan nilai rata-rata post-test siswa kelas kontrol pada materi pokok sejarah pembentukan bumi. Kata kunci: Media Video, Media Power Point, dan Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...