Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 1, No 1 (2016): JUli 2016

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X -C SMA NEGERI 1 WAWONII BARAT PADA MATERI POKOK HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI MUKA BUMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Example non Example

Miftahul Jannah, Miftahul jannah (Unknown)
Ramli, Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: meningkatkan Aktivitas belajar siswa kelas X-C,meningkatkan aktivitas mengajar guru, meningkatkan hasil belajar geografi siswaSMAN 1 Wawonii Barat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Example nonExample pada materi hidrosfer dan dampaknya pada kehidupan di muka bumi. Jenispenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dengandua siklus.Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas X-C Semester genap tahun ajaran2015/2016 SMA Negeri 1 Wawonii Barat yang berjumlah 25 siswa. Analisis datadilakukan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data diperolehkesimpulan bahwa: 1) aktivitas siswa pada setiap siklus ditunjukkan dengan skor ratarata pada siklus I sebesar 2,7 yang termasuk pada kategori cukup meningkat pada siklusII menjadi 3,5 yang termasuk pada katergori baik; 2) Aktivitas mengajar guruditunjukkan dengan skor rata-rata pada setiap siklus, siklus I skor rata-rata 2,8 yangtermasuk kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 3,5 yang berkategori baik;3) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 25orang siswa hanya 15 orang siswa yang tuntas dengan persentase 60% dengan nilai ratarata 69,28. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 25 orang siswa ada 21 orangsiswa yang tuntas dengan persentase 84% dengan nilai rata-rata 78,68.Kata Kunci: Model pembelajaran Example non Example, Materi pokok, HasilBelajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...