0px; "> Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar, mengajarguru, dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kabaena padamateri kondisi geografis dan penduduk dengan menerapkan model pembelajarankooperatif tipe TPS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Ada perbedaansignifikan terhadap aktivitas belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari peningkatan Ratarata keberhasilan aktivitas belajar siswa dimana rata-rata keberhasilan aktivitas belajarsiswa siklus I adalah 2,3, siklus II 2,8, siklus III 3,3, dan siklus IV 3,8. (2) Adaperbedaan signifikan terhadap aktivitas mengajar guru, hal ini dapat dilihat daripeningkatan rata-rata keberhasilan aktivitas mengajar guru dimana rata-ratakeberhasilan aktivitas mengajar guru siklus I adalah 2,25, siklus II 2,6875, siklus III 3,25dan siklus IV 3,75. (3) Ada perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa, hal inidapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dimana hasil belajar siswa siklus Iadalah 42,5% (17 siswa) yang memperoleh nilai ≥70 dengan nilai rata-rata 59,87 5,siklus II 72,5% (29 siswa) yang memperoleh nilai ≥70 dengan nilai rata-rata 73,5, siklusIII 77,5% (31 siswa) yang memperoleh nilai ≥70 dengan nilai rata-rata 77,125 dansiklus IV adalah 92,5% (37 siswa) yang memperoleh nilai ≥70 denagn nilai rata-rata93,75.Kata Kunci: Think Pair Share, Siswa, Guru, Hasil Belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016