Telah diteliti perbedaan perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Di ajar dengan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Two Stay dan Di ajar dengan Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi pokok mengenal bumi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana gambaran hasil belajar geografi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan setelah pembelajaran pada materi sejarah pembentukkan bumi?, (2) Apakah ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata post-test siswa . Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan gambaran tentang efektifitas penggunaan model pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1Wolowa, dengan jumlah sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masingmasing sebanyak 26 dan 26 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan hasil belajar, yang digunakan untuk mengungkapkan hasil belajar siswa baik sebelum maupun sesudah pembelajaran. Keunggulan model yang digunakan dalam meningkatkan hasil belajar ditinjau berdasarkan perbadingan nilai gain ternormalisasi , antara kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray secara signifikan dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa dibanding dengan penggunaan model pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kata Kunci: Model Pembelajaran, Proses, Hasil Belajar
Copyrights © 2017